Jun 9, 2009

Pengumuman Penerimaan Mahasiswa STAN

PENERIMAAN MAHASISWA BARU SEKOLAH TINGGI AKUNTASI NEGARA
PROGRAM DIPLOMA III DAN I KEUANGAN
TAHUN AKADEMIK 2009/2010


Departemen Keuangan Republik Indonesia menerima putra dan putri Warga Negara Indonesia untuk mengikuti pendidikan pada Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) dengan spesialisasi sebagai berikut:
  1. Program Diploma I Keuangan Spesialisasi Kepabean dan Cukai
  2. Program Diploma III Keuangan Spesialisasi Kepabean dan Cukai
  3. Program Diploma III Keuangan Spesialisasi Anggaran/Kebendaharaan Negara
  4. Program Diploma III Keuangan Spesialisasi Pajak
  5. Program Diploma III Keuangan Spesialisasi Pengurusan Piutang dan Lelang Negara
  6. Program Diploma III Keuangan Spesialisasi Pajak Bumi dan Bangunan
  7. Program Diploma III Keuangan Spesialisasi Akuntansi
LOKASI UJIAN SARINGAN MASUK (USM)

USM akan diselenggarakan di lokasi-lokasi berikut:
Jakarta, Banda Aceh, Medan, Padang, Pekanbaru, Palembang, Cimahi, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Denpasar, Mataram, Kupang, Pontianak, Banjarmasin, Balikpapan, Makassar, Palu, Manado, Ambon, Sorong, dan Jayapura.

Alamat tempat ujian di masing-masing lokasi akan diberitahukan setelah berkas pendaftaran diserahkan dan diverifikasi oleh panitia di lokasi pendaftaran yang dipilih oleh calon peserta ujian.

SYARAT-SYARAT PENDAFTARAN
  1. Berijazah Sekolah Menengah Umum (SMU)/Sekolah Menengah Atas (SMA). Madrasah Aliyah, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) semua Bidang Keahlian, atau yang sederajat tahun 2007, 2008, atau 2009.
  2. Nilai rata-rata "Ujian Tertulis [Gabungan antara Nilai Ujian Akhir Nasional (UAN) dan Ujian Akhir Sekolah (UAS)]" pada Ijazah (untuk lulusan tahun 2007 dan 2008), pada Ijazah/Ijazah Sementara/Surat Keterangan Hasil Ujian (SKHU)/Surat Tanda Lulus (STL) (untuk lulusan 2009) tidak kurang dari 7,00 (tujuh koma nol nol) dan nilai tersebut bukan hasil pembulatan.
  3. Umur berdasarkan tanggal lahir yang tercantum dalam Ijazah/Ijazah Sementara/STL/SKHU tidak lebih dari 21 tahun pada 1 September 2009 (dalam pengertian bahwa yang lahir sebelum 1 September 1988 tidak diperkenankan mendaftar).
  4. Tidak catat badan dan tidak mengalami ketergantungan terhadap narkotika/sejenisnya.
  5. Belum menikah dan bersedia untuk tidak menikah selama mengikuti pendidikan.
  6. Khusus untuk Program Diploma Keuangan Spesialisasi Kepabean dan Cukai, ditambahkan persyaratan sebagai berikut:
    • Berjenis kelamin laki-laki;
    • Tinggi badan minimal 165 cm;
    • Tidak buta warna;
    • Bagi mereka yang dinyatakan lulus ujian tertulis, harus mengikuti dan lulus tes kesehatan dan kebugaran yang tempat pelaksanaannya akan diumumkan lebih lanjut.
  7. Menyetor biaya ujian saringan masuk sebesar Rp 100.000,00 (seratus ribu rupiah) ke rekening "Bendahara Administrasi Keuangan BLU STAN di Bank Mandiri Kantor Cabang Jakarta Bintaro Jaya Nomor Rekening 128-00-0554888-5, dengan ketentuan sebagai berikut:
    • Setoran dapat dilakukan dari semua bank dengan formulir setoran atau formulir transfer atau sejenisnya yang disyahkan/divalidasi oleh petugas bank (tidak melalui ATM, Phone Banking, Internet Banking, dll).
    • Periode penyetoran adalah tanggal 8 Juni 2009 sampai dengan 29 Juni 2009;
    • Uang yang telah disetor tidak dapat diminta kembali dengan alasan apa pun
    • Biaya yang ditimbulkan akibat penyetoran uang pendaftaran menjadi tanggungan pendaftar
    • Panitia tidak menerima bukti penyetoran kolektif;
    • Bukti setor harus atas nama calon peserta ujian.

TATA CARA PENDAFTARAN
  1. Pendaftaran dilaksanakan pada tanggal 10 Juni 2009 sampai dengan tanggal 17 Juli 2009 sebagai berikut:
    • Tanggal 10 Juni - 29 Juni 2009 pendaftaran secara elektronik (e-registrasi) melalui situs www.usm.stan.ac.id
    • Tanggal 1 Juli - 17 Juli penyerahan berkas pendaftaran, verifikasi, dan penerbitan Bukti Peserta Ujian (BPU). Panduan pendaftaran secara on-line dapat dilihat pada www.usm.stan.ac.id
  2. Berkas-berkas pendaftaran yang wajib diserahkan terdiri dari:
    • Formulir e-registrasi yang telah terisi lengkap (formulir ini diperoleh dengan men-download/mencetaknya setelah diisi lengkap).
    • Asli bukti penyetoran uang ujian saringan masuk dari bank yang dimaksud pada syarat-syarat pendaftaran (lihat syarat-syarat pendaftaran nomor 7) beserta fotokopinya rangkap 2.
    • 1 (satu) lembar fotokopi Ijazah/Ijazah Sementara/STL/SKHU yang telah dilegalisasi oleh Kepala Sekolah/pejabat yang berwenang.
    • 1 (satu) lembar kartu identitas diri (KTP/SIM)/akta kelahiran/surat kenal lahir.
    • Pasfoto berwarna terbaru ukuran 3x4 sebanyak 3 (tiga) lembar.
  3. Pilihan Program dan Spesialisasi:
    • Calon peserta ujian harus menentukan pilihan Program dan Spesialisasi berdasarkan urutan prioritas, maksimal sebanyak 4 (empat) pilihan.
    • Penentuan spesialisasi bagi calon peserta yang lulus didasarkan pada pilihan peserta seperti di atas. Dalam hal program dan spesialisasi yang dipilih sudah penuh, Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru STAN dapat mengalokasikan peserta yang lulus selebihnya ke program dan spesialisasi yang masih memerlukan.
  4. Pendaftar wajib menyerahkan sendir berkas pendaftaran di lokasi sesuai dengan lokasi ujian yang telah ditetapkan oleh Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru STAN, pada tanggal yang telah diberikan ketika melakukan pendaftaran secara elektronik (e-registrasi). Penyerahan berkas pendaftaran hanya akan dilayani pada tanggal yang telah dijadwalkan. Alamat lokasi penyerahan berkas pendaftaran adalah sebagai berikut:
    • Jakarta
      Kampus Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN), Jl. Bintaro Utama Sektor V, Bintaro Jaya, Tangerang
    • Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK), Jl. Purnawarman 99 Kebayoran Baru Jakarta Selatan
    • Banda Aceh
      Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Banda Aceh, Jl. T. Muhammad Daud Beureuh 20 Banda Aceh
    • Medan
      Balai Diklat Keuangan (BDK) I Medan, Gedung Keuangan Negara (GKN) Lt. V, Jl. Diponegoro 30A Medan
    • Padang
      Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Padang, Jl. Samudera 16 E, F, G Padang
    • Pekanbaru
      Kanwil Ditjen Pajak (DJP) Riau dan Kepulauan Riau, Jl. Jend. Sudirman 2-4 Pekanbaru
    • Palembang
      Balai Diklat Keuangan (BDK) II Palembang, Jl. Suka Bangun II Kec. Sukarame, Palembang
    • Cimahi
      Balai Diklat Keuangan (BDK) VII Cimahi, Jl. Gado Bangkong No. 111 Cimahi
    • Semarang
      Kanwil XIII Ditjen Perbendaharaan (DJPB) Semarang, Gedung Keuangan Negara (GKN) Jl. Pemuda 2 Semarang
    • Yogyakarta
      Balai Diklat Keuangan (BDK) III Yogyakarta, Jl. Solo Km. 11, Kalasan, Sleman, Yogyakarta
    • Surabaya
      Kanwil XV Ditjen Perbendaharaan (DJPB) Surabaya, Gedung Keuangan Negara (GKN) Jl. Indrapura 5 Surabaya
    • Malang
      Balai Diklat Keuangan (BDK) IV Malang, Jl. Jend. A. Yani Utara No. 200 Malang
    • Denpasar
      Kanwil XX Ditjen Perbendaharaan (DJPB) Denpasar, Jl. Dr. Kusumaatmadja Niti Mandala Denpasar
    • Mataram
      Kanwil XXI Ditjen Perbendaharaan (DJPB) Mataram, Jl. Majapahit 10 Mataram
    • Kupang
      KPPBC Kupang, Jl. Praja 2 Tenau, Kupang
    • Pontianak
      Kanwil Ditjen Bea dan Cukai (DJBC) Kalimantan Bagian Barat, Jl. Pak Kasih 3 Pontianak
    • Banjarmasin
      Kanwil Ditjen Pajak (DJP) Kalsel dan Kalteng, Jl. A. Yani Km. 6,7 Banjarmasin
    • Balikpapan
      Balai Diklat Keuangan (BDK) V Balikpapan, Jl. Jend. A. Yani No. 68 Balikpapan
    • Makassar
      Balai Diklat Keuangan (BDK) VI Makassar, Jl. Jend. A. Yani No. 1 Lt. 2 Makassar
    • Palu
      Kanwil XXIV Ditjen Perbendaharaan (DJPB) Palu, Jl. Tanjung Dako 11 Palu
    • Manado
      Balai Diklat Keuangan (BDK) VIII Manado, Jl. Mapanget Km. 0,5 Paniki, Manado
    • Ambon
      Kanwil Ditjen Bea dan Cukai (DJBC( Maluku, Papua, Papua Barat, Jl. Benteng Kapahaha Ambon
    • Sorong
      Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Sorong, Jl. Jend. Sudirman 26 Sorong
    • Jayapura
      Kanwil Ditjen Pajak (DJP) Papua dan Maluku, Jl. Raya Abepura Kotaraja Jayapura
  5. Setelah berkas pendaftaran dianggap lengkap dan benar, pendaftar akan memperoleh Bukti Peserta Ujian (BPU).

PELAKSANAAN UJIAN
  1. Materi ujian meliputi Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Bahasa Inggris.
  2. Ujian dilaksanakan pada hari Minggu, tanggal 26 Juli 2009 secara serentak di seluruh lokasi ujian mulai jam 08.30 WIB / 09.30 WITA / 10.30 WIT.
  3. Pada saat ujian peserta harus membawa BPU dan kartu identitas diri asli (sesuai yang diserahkan pada saat penyerahan berkas pendaftaran). Peserta ujian yang tidak membawa BPU tidak diperbolehkan mengikuti ujian dengan alasan apa pun dan dianggap mengundurkan diri/tidak mengikuti ujian.
  4. Peserta ujian wajib membawa sendiri pensil 2B, penghapus, ballpoint, papan/alas, dan perlengkapan ujian lain yang dianggap perlu.

PENGUMUMAN HASIL UJIAN DAN PENDAFTARAN ULANG
  1. Calon peserta tes kesehatan dan kebugaran beserta tempat pelaksanaan tes akan diumumkan pada hari Jumat, tanggal 14 Agustus 2009 pukul 14.00 WIB di tempat penyerahan berkas pendaftaran dan di situs www.depkeu.go.id, www.bppk.depkeu.go.id, www.usm.stan.ac.id.
  2. Tes kesehatan dan kebugaran dilaksanakan pada tanggal 28 sampai dengan 20 Agustus 2009 mulai jam 07.30 waktu setempat.
  3. Hasil ujian saringan masuk STAN akan diumumkan pada hari Selasa, tanggal 1 September 2009 pukul 11.00 WIB di tempat penyerahan berkas pendaftaran dan di situs www.depkeu.go.id, www.bppk.depkeu.go.id, www.usm.stan.ac.id
  4. Peserta yang dinyatakan lulus ujian saringan masuk harus melakukan pendaftaran ulang di tempat-tempat yang ditetapkan oleh Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru STAN dengan menyerahkan:
    • Pasfoto berwarna terbaru, ukuran 2x3 cm = 2 lembar, ukuran 4x6 = 4 lembar
    • 1 (satu) lembar fotokopi ijazah yang telah dilegalisasi oleh Kepala Sekolah/pejabat yang berwenang dengan memperlihatkan ijazah asli.
    • Surat Keterangan Dokter Pemerintah yang menyatakan bahwa calon mahasiswa berbadan sehat dan tidak cacat badan.
    • Surat Keterangan Dokter Pemerintah yang menyatakan bahwa calon mahasiswa tidak terkena/tergantung pada narkotika dan sejenisnya
    • Surat keterangan hasil rontgen thorax (dada) dari Dokter Pemerintah yang menyatakan bahwa calon mahasiswa dalam keadaan sehat.
    • surat Keterangan dari Kepala Desa/Lurah yang menyatakan bahwa calon mahasiswa belum pernah menikah.
    • Surat pernyataan dari calon mahasiswa bahwa selama mengikuti pendidikan bersedia untuk tidak menikah dan bersedia untuk mematuhi peraturan disiplin mahasiswa.
    • Surat pernyataan kesanggupan wajib kerja di Departemen Keuangan atas Instansi Pemerintah baik di pusat maupun di daerah
    • Asli Bukti Peserta Ujian (BPU).
  5. Pendaftaran ulang dilakukan pada hari kerja jam 09.00 - 15.30 waktu setempat pada tanggal 7 September 2009 sampai dengan 16 September 2009.
  6. Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru STAN berhak menyatakan bahwa calon mahasiswa tidak diterima menjadi mahasiswa walaupun telah lulus ujian saringan masuk apabila terdapat persyaratan pendaftaran dan persyaratan pendaftaran ulang di atas yang tidak dipenuhi oleh calon mahasiswa dalam batas waktu pendaftaran ulang, dan/atau terdapat data yang palsu.

PENDIDIKAN
  1. Lama pendidikan untuk Program Diploma I adalah 2 (dua) semester dan Program Diploma III adalah 6 (enam) semester. Mahasiswa yang tidak berhasil memenuhi syarat kelulusan pada akhir setiap semester akan dikeluarkan dari pendidikan.
  2. pendidikan diselenggarakan di lokasi sebagai berikut:
    • D-III : Kampus STAN Jakarta
    • D-I : Kampus STAN Jakarta dan/atau Balai Diklat Keuangan di daerah
  3. Sekolah Tinggi Akuntansi Negara tidak memungut uang kuliah selama mmengikuti pendidikan.
  4. Lulusan Program Diploma I dan Program Diploma III dapat diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Departemen Keuangan atau instansi pemerintah lainnya baik di pusat maupun di daerah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

LAIN-LAIN
  1. Semua biaya (pengangkutan, pemondokan, dan lain-lain) yang dikeluarkan oleh peserta ujian/calon mahasiswa dalam rangka mendaftarkan diri dan mengikuti ujian saringan masuk menjadi tanggungan peserta/calon mahasiswa sendiri.
  2. Dalam proses pendaftaran, ujian, maupun penerimaan mahasiswa baru STAN tidak diadakan surat menyurat dan dispensasi dalam bentuk apa pun.
  3. Kelulusan peserta ujian adalah prestasi/hasil usaha peserta ujian sendiri. Jika ada pihak-pihak yang menjanjikan kelulusan dengan motif apa pun, maka hal tersebut merupakan tindakan penipuan.
  4. Keputusan panitia penerimaan mahasiswa baru tidak dapat diganggu gugat.
  5. Pengumuman pendaftaran dan pengumuman hasil USM dapat pula dilihat di situs www.depkeu.go.id, www.bppk.depkeu.go.id, www.stan.ac.id
  6. Apabila di kemudian hari ditemukan bahwa informasi yang diberikan pendaftar ternyata tidak benar, maka Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan berhak menjatuhkan sanksi berupa pembatalan kelulusan USM atau pencabutan status sebagai mahasiswa dari program pendidikan yang dijalani.
  7. Apabila terdapat informasi yang dianggap kurang jelas atau terdapat masalah yang terkait dengan proses pendaftaran, calon peserta ujian dapat menghubungi Panitia Pelaksana Pusat USM Program Diploma III dan I Keuangan di Kampus Sekolah Tinggi Akuntansi Negara Jl. Bintaro Utama Sektor V, Tangerang, telepon (021) 7361655 ext 123 pada hari kerja dan jam kerja atau email ke info@stan.ac.id.


Dikeluarkan di Jakarta
pada tanggal 5 Juni 2009

ttd

Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan

Sumber: www.stan.ac.id

6 comments:

najla said...

ini tahun pertama STAN menggunakan e-registrasi... semoga berhasil dan pendaftarnya semakin banyak... hehehe.... buat temen2 yg mau daftar, ayo semangat... kalian pasti bisa...

def said...

mas dulu kuliah di STAN ya??
aku suka blog mas,rame...
mau ngajarin aku ga mas??hehe..

http://def4ever.wordpress.com

Sholihin said...

@def: iya. lulus tahun 2004. ngajarin apa nih?

Anonymous said...

susah bwt daftar stan!!!!!!!!!!!!
gmana sich nie stan..!????

mancoey said...

bisa ga sih klo pnyerahan berkas tidak sesuai dgn jadwal yg dh ditentukan?

Sholihin said...

@anonymous: bisa koq. emang kemaren2 susah, tpi sekarang udah bisa. coba lagi. terakhir besok - 7/7

@mancoey: gak bisa. harus sesuai jadwal.