May 8, 2009

Tips dan Trik Ujian Masuk STAN

Ujian Nasional sudah selesai. Adik-adik SMA saat ini sedang menanti hasilnya dan sambil memikirkan akan ke mana setelah lulus SMA. Adik-adik harus segera menentukan langkah strategis menuju masa depan. Bagi kamu yang ingin melanjutkan kuliah (hari gene gak kuliah…) siapkan pikiran dan materi yang diperlukan dan juga informasi juga mengenai segala sesuatu yang berhubungan dengan universitas yang dituju. Perguruan tinggi yang bisa menjadi salah satu pertimbangan adalah Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN).

Nah, bagi kamu yang masih semangat untuk masuk STAN, berikut ini ada tips dan trik masuk STAN (dikutip dari beberapa sumber).

TIPS

1.Belajar
2.Berdoa
3.berusaha

Yah, tips standar itu. Eit, jangan salah… ini memang tips jitu untuk semua tujuan. Heheh…

Belajar disini gak usah ngoyo. Nah mumpung masih anget nih abis belajar UAN, disana kan ada Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, kalo UAN bisa tes STAN pasti bisa lah. Setelah UAN jangan hura-hura dulu, latihan soal SPMB kek, USM STAN, dan jangan lupa iseng-iseng baca TOEFL inggris dan Soal Psikotes ya! Baca majalah, koran, lihat berita, lihat UUD yang ada susunan pemerintahan (cari menteri keuangan, kepala KPK, menteri pendidikan,de el el), pokoknya bacaan yang perlu dibaca untuk menambah pengetahuan kita.

Perlu diingat, Jangan belajar 1 hari sebelum ujian. Bahaya..!! Ini juga satu masalah yang harus kita hindarin. Banyak temen-temen yang belajar di waktu-waktu itu. Dan banyak juga yang nggak diterima gara-gara itu. Entah kenapa ini bisa terjadi, tapi yang jelas ujian STAN bukan ujian akademik yang sesungguhnya, ujian STAN lebih dari ujian mental. Semakin ciut mental kita maka semakin jauh kita akan menikmati kampus di Bintaro ini. Jadi lebih baik jangan belajar dech di waktu itu. Manfaatin aja buat hangout bareng temen-temen ke mall atau surat keramaian yang lain.

Dan jangan lupa, tingkatin logika kalian. Sebenarnya ujian masuk STAN itu sangat mudah, lebih mudah daripada ujian di tempat lain. Intinya di ujian itu hanya butuh 1 hal yaitu logika. Kalau logika kita bagus maka tidak menutup kemungkinan kita bakal diterima. Peran logika disini sangat penting karena sebagian besar (setelah melakukan pengamatan dari soal soal ujian STAN) adalah soal logika.

Berdoa, bagi yang muslim jangan lupa 5 sholat wajib, sholat tahajjud, sholat dhuha,membaca Al-qur'an,berdo'a di waktu-waktu yang mustajab, dan sholat istikharah (sapa tahu ternyata ada yang lebih baik buat kamu, selain STAN. :D), perbanyak sedekah, dan ibadah-ibadah lain. Jangan lupa jangan berbuat maksiat lho... jaga hati, soalnya masa penantian kelulusan adalah masa paling rawan bikin stress orang. Yang nonmuslim sesuai dengan tuntunan agamanya ya...

Berusaha, yang namanya pengin yang terbaik, usahanya juga harus makin kenceng kan? Kalo niat ke STAN ya cari info sebanyak-banyaknya dari manapun, cari kumpulan soal ujian (ada nih kumpulan soal, coba buka link ini), ikut pendaftaran, ujian dan patuhi aturan yang ada. Eits...gak harus ke STAN tok lho.. yang lain juga. Jangan takut atau malas untuk ndaftar ke banyak universitas (seperti ikut SPMB , STAN, atau STIS). Enjoy aja... olah raga jangan lupa, jaga kesehatan.
(tips di atas manjur lho....)

TRIK mengerjakan soal
Nah, setelah menyimak tips singkat di atas, mari kita baca trik-trik dalam mengerjakan soal Ujian Saringan Masuk STAN (USM STAN):

Sebelum ujian:
  1. Cek/survey lokasi sehari sebelum pelaksanaan ujian
  2. Hindari begadang terlalu larut
  3. Tiba di tempat ujian 30 menit sebelum tes dimulai
  4. Sarapan dan minum secukupnya saja
  5. Kenakan pakaian yang nyaman, bebas, rapi dan sopan
  6. Pakailah sepatu (jangan memakai sandal)
  7. Persiapkan alat tulis beserta cadangan (2 pensil, pulpen, penghapus, rautan, papan/alas (karena tempat ujian biasanya tidak tersedia meja)
  8. BPU (Nomor Ujian jangan sampai tertinggal)
  9. Non aktifkan HP/tidak membawa HP saat ujian untuk menjaga ketertiban dan pemeriksaan petugas
  10. Perlengkapan tambahan jika ada, jam tangan, tissue/sapu tangan
  11. Biasanya soal masing-masing peserta bisa berbeda, jadi... jangan susah nyontek..
Saat ujian:

  1. Berdoa sebelum mengerjakan
  2. Tenang, percaya diri dan konsentrasi penuh, jangan berharap sedikitpun untuk bertanya kepada peserta lain, jaga keseimbangan otak, jangan stress, jangan tegang, positif thinking bahwa kamu pasti bisa dan selalu tekankan pada batin kita bahwa kita cerdas, pinter, dan pandai.
  3. Kalau panik, merem aja bentar dan baca bismillah 3x (bagi yang muslim) dan yakin Allah bersama kita.
  4. Berpikir sederhana ketika mengerjakan soal, jangan sampai soal mudah dibikin sulit.
  5. Kerjakan yang paling mudah dulu, baru mudah, dan agak mudah (gak ada soal susah koq)
  6. Jawaban yang yakin salah singkirkan terlebih dahulu
  7. Ga usah kepikiran wat nyontek. PeDe aja ma diri Sendiri.. (kalau kita lolos berarti karena usaha kita sendiri, kalu belum lolos berarti belum rejeki ) INGAT, LEBIH BAIK NGERJAIN SENDIRI DAN LOLOS DARIPADA NYONTEK TAPI GA LOLOS. ^_^
  8. Jangan buru-buru, cek lagi kalo udah selesai.
  9. Untuk soal logika matematika kan a,b,c,dan d..nah caranya masuk-masukin aja pilihan jawaban ke soal. Jangan mencari jawaban dari soalnya, bikin lama (kecuali gak ada cara lain)
  10. Semua soal kalo bener-bener gak ada bayangan gak usah diisi aja, tapi kalo ada keyakinan bener 50% saja, isi...! jangan ragu (yang ini doa dulu)
  11. Gunakan feeling yang jernih
  12. Jika ingin ke kamar kecil lakukan sebelum ujian di mulai dan usahakan tidak kebelet pipis, BAB, lapar dan haus pada saat mengerjakan soal (serius nih)
  13. Usahakan setiap tipe soal kalian kerjakan 1/3 dari jumlah soal dan HARUS BETUL (ini harga mati)
  14. Informasi terkini seputar berita-berita nasional dan internasional melalui koran, radio, televisi, biasanya cukup bermanfaat
  15. Biasanya banyak soal cerita yang memerlukan banyak waktu dan fikiran, cari cara penyelesaian yang paling cepat dan tepat
  16. Gunakan waktu seefisien dan seefektif mungkin
  17. Jika masih tersedia sisa waktu, analisa kembali lembar jawaban siapa tahu ada pertanyaan jebakan
  18. Soal-soal logika perlu dipahami dengan teliti
  19. Dengan sedekah dapat mengatasi kesulitan. Babat habis semua soal. Peringatan keras buat adik-adik, jangan sampai ada soal ngga dijawab, inget yah harus di jawab semua.. Dan dari survei membuktikan bahwa soal itu lebih baik dijawab daripada ngga dijawab.Percaya dech..
Nah, mungkin itu dulu tips dan trik menghadapi Ujian Saringan Masuk STAN.
Bagi yang pingin kumpulan soal-soalnya, silakan donwload di sini.

Link kumpulan soal STAN di sini.

14 comments:

Yanuar Catur said...

susah bgt nih masuk stan
aq dulu nyoba 2 kali
tetep aja gk lulus
hiks..hiks..

Keluargaku Surgaku said...

tips diatas cocok buat adekku tuch, thanks ya tipsnya...
*nyatet tips diatas buat adek hehehe*

Sholihin said...

@yanuar: mungkin belum rejekinya bang... :D klo masih ada waktu coba daftar lg thn ini..

@keluargaku: ya semoga bermanfaat... silakan copy aja. donlot soalnya juga ada tuh...
coba buka ini

Wendry said...

nice info bro
tapi saya udah kuliah di binus hehe

Unknown said...

kunjungan balik aja.....

Sholihin said...

@wendry: makasih...
@lina: iya nanti kalo sempet. lg sibuk nih :D

blackskin said...

Selalu diiringi niat, usaha, dan doa

blog grafis affa said...

waduh mang susah di gambarkan gimana masuk stan tetapi yang diperlukan hanya dekat dengan Allah itu aja

Haady said...

2 x coba test nggak lulus2.. hehe,

Sholih said...

@black, affa: iya betul...
@haady: gpp bro, blm rezekinya. klo perlu thn ini coba daftar lagi. :D

franky said...

tipnya sangat berguna, thanks

PNS Go-Blog said...

Nambah tips nich... kalo bisa jangan milih Prodip Perbendaharaan Negara yach... nanti dibuang ke daerah pedalaman lho... hehehe :P

Sholihin said...

@franky: iya semoga bermanfaat.
@pns go-blog: thanks info tambahannya. tapi itu tergantung nasib juga.. hehe...

bejo said...

makasih ya. tipsnya sangat berguna.