Mar 1, 2009

KETELADANAN PRIBADI RASULULLAH (2)

KEDERMAWANNYA
Sifat pemurah dan kedermawanan beliau bagai angin berhembus. Beliau memberi kepada siapapun yang meminta. Ibnu Abbas berkata, "Nabi SAW adalah orang yang paling murah hati. Kemurahan hati beliau yang paling menonjol ialah pada bulan Ramadhan saat dihampiri Jibril. Jibril menghampiri beliau setiap malam untuk mengajarkan Al-Qur’an padanya. Beliau benar-benar murah hati untuk hal-hal yang baik daripada angin berhembus." Jabir RA berkata, "Tidak pernah beliau dimintai sesuatu lalu menjawab, ‘Tidak’."
Memang, tidak akan pernah satu antara keimanan dengan kekikiran. Nah saudaraku, ketahuilah, tidak akan pernah berkurang harta yang dinafkahkan di jalan Allah dengan sedekah! Bagaimana mungkin berkurang, karena pada dasarnya harta kita merupakan milik Allah? Dia-pun berjanji akan melipatgandakan rezeki orang yang rajin menafkahkan hartanya di jalan-Nya. Sungguh, janji Allah itu tidak pernah meleset dan dipungkiri. Untuk itu, tekadkan dalam diri, "tiada hari tanpa sedekah".

SIFAT SIFAT LAINNYA
Beliau adalah orang yang paling aktif memenuhi janji. Paling dapat dipegang segala ucapannya. Penyambung tali silaturahmi. Paling penyayang dan bersikap lemah lembut terhadap orang lain. Paling bagus pergaulannya.
Tidak pernah berbuat keju, juga tak pernah menganjurkan untuk berbuat keji. Beliau tersenyum bila ada sesuatu yang membuat para sahabatnya tersenyum. Beliau kagum bila sahabat-sahabatnya terkagum-kagum pada sesuatu. Sabar menghadapi kekerasan orang lain. Bijak dalam menanggapi kekasaran perkataan orang lain.
Beliau tak segan untuk meminta saran dan pendapat dari para sahabatnya sepanjang tak berkaitan dengan wahyu ilahi. Beliaupun tak sungkan untuk meminta maaf dan member kesempatan untuk membalas bagi siapa yang merasa diperlakukan tidak adil oleh beliau.
Kesemua keutamaan Rasul yang diceritakan di atas hanya sepercik keutamaan dan keagungan beliau. Sifat-sifat sempurna tersebut terlahir dari kedalaman hati yang bening-ikhlas, dan penuh kasih sayang pada hamba-hamba Allah. Inilah yang menyebabkan jiwa manusia merasa dekat padanya, membuat hati mencintai beliau dan selalu dirindu. Sampai-sampai orang yang mempunyai sikap keras dan memusuhi lalu menjadi luluh merasakan keindahan pribadinya. Akhirnya dapat kita saksikan kini, banyak orang yang berbondong-bondong masuk Islam, agama yang diridhai oleh Allah SWT.
Sumber: Gymnastiar, Abdullah. Indahnya Hidup Bersama Rasulullah. Bandung: 2002. MQS Pustaka Grafika.

No comments: